Tingkatkan Kemampuan Polres Paser Laksanakan Pelatihan Road Blocker Set Sabhara

29

Polres Paser – Untuk menghadapi aksi kejahatan dan antisipasi aksi terorisme, Polres Paser menggelar pelatihan penggunaan Road Blocker Set Sabhara dan kelengkapannya, Alat ini digunakan sebagai barikade oleh aparat keamanan dalam rangka kondisi darurat.

Sosialisasi dan pelatihan penggunaan Road Blocker  diberikan kepada Perwira Polres Paser, anggota Sat Sabhara, perwakilan anggota tiap-tiap Fungsi dan para kanit sabhara masing-masing Polsek jajaran Polres Paser. Kegiatan  pelatihan dilaksanakan pada Rabu (29/01/2020) di ruang Rupatama Polres Paser . Latihan ini dilakukan, guna mengukur tingkat kecepatan, kepekaan, kesiapsiagaan, serta ketanggapan personel Polres Paser khususnya Sat Sabhara, apabila terjadi suatu tindak kejahatan di wilayah hukum Polres Paser, terutama tindak kejahatan yang melarikan diri dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Dalam sambutannya Kapolres Paser AKBP Murwoto S.H.,S.I.K mengatakan  Pada saat pelatihan peserta agar Serius memperhatikan pelatih karena ilmu ini manfaatnya luar biasa dan berdaya guna maka dari itu agar memperhatikan dengan serius.

Pada saat pemasangan Road Blokcker nanti utamakan keselamatan dan kecepatan dan  berhati hati kalau asal-asalan nanti bisa tidak berfungsi dan dapat melukai, selain itu kecepatan juga diperlukan buat apa kita memasang Road blocker kalau sasaran yang ingin kita tangkap sudah lewat jadi selain kehati-hatian kecepatan dan ketepatan sangat diperlukan. Selamat berlatih dan nanti ilmu yang telah didapat agar selalu diingat dan dapat  di aplikasikan di lapangan dengan sebaik-baiknya pungkasnya.

Sebagai ketua Tim Pelatihan Kasat Sabhara Polres Paser  menyampaikan  penggunaan alat Road Blocker  yang dilatihkan hari ini, untuk mengantisipasi apabila terjadi kontijensi dan perlu adanya penghadangan terhadap pelaku kejahatan yang menggunakan kendaraan. Road Bloker katanya, adalah peralatan taktis yang didesign menyerupai paku dengan berjajar rapat, sehingga apabila dilewati kendaraan, maka ban roda akan kehilangan udara dan kempes yang mengakibatkan menghambat laju kendaraan hingga berhenti.

Selain menyampaikan manfaat dari pemasangan Road Blocker kasat sabhara dan tim juga mempraktekkan cara mengeluarkan alat dari kotak, cara memasang Police Line, cara memasang Road Blocker hingga memasukkan kembali ke kotak tempat Road Blocker.  

Pada acara pelatihan tersebut juga dibagikan peralatan Road Blocker kepada masing-masing Polsek jajaran Polres Paser sebanyak 5 Set. Selain Polsek jajaran peralatan juga di bagikan ke Sat Lantas 5 Set dan Sat Reskrim 5 Set.

Dengan dibagikannya Road Blocker ke masing-masing Polsek di harapkan apabila ada kejadian Kontijensi diharapkan kepada polsek jajaran dapat mengantisipasi kejadian kontijensi tersebut karena polsek adalah garda terdepan, menjaga keselamatan masyarakat dan keamanan negara adalah tugas kita sebagai pihak kepolisian,” pungkas Kasat Sabhara.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *