Kapolres Paser bersama Bupati Paser Mengecek Lokasi Pendirian Pura Hindu di Desa Jone

61

Polrespaser.net – Kapolres Paser AKBP  Murwoto,SH,SIK  Bersama Bupati Paser Paser H Drs. Yusriansyah Sarkawi M.Si melakukan Pengecekan Rencana Penetapan Lokasi Pembangunan Pura Hindu Di Desa Jone Tanah Grogot. Rabu (15/01/2020).


Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut meliputi  Bupati Paser H Drs. Yusriansyah Sarkawi M.Si , Kapolres Paser Akbp Murwoto, SH, SIK, Ketua DPRD Kab.Paser Indra Wahyudi,ST, Sekda Kab. Paser Drs. Katsul Wijaya, M. Si, Asisten Ekonimi Sdri. Ina Rosiana, S.Pi MM., Sekertaris Badan Kesbangpol Kab. Paser M. Tauhid, Kadis Dinas Perumahan Sdr. M. Fauzi, MT, Kabag Hukum Sdr. Andi Azis, Kabid Aset Sdr. Ahmad Reyad, Kabid Pertanahan Fachrudin Cholik, Ketua RT. 02 Sdr. Tajuddin Massaqoni, Ketua RT. 05 Sdr. Towil, dan Kasi Trantib Kec. Tanah Grogot Sdr. M. Ibnu harim. Kegiatan tersebut diawali dengan pertemuan Kapolres Paser dengan Bupati Paser Drs Yusriansyah Syarkawie M.Si dan Sekda Kab Paser Drs H. Kapsul Wijaya, M.Si di Rumah Dinas Bupati Paser Jl Kusuma Bangsa Tanah Grogot dengan agenda menyampaikan situasi Kamtibmas di Kabupaten Paser dengan adanya surat yang tidak bisa dipertanggung jawabkan di Media Sosial khususnya tentang Pembangunan Pura yang diperkirakan bisa berdampak pada Issue Sara,  dalam pertemuan tersebut Bupati Paser merespon dengan baik informasi yang telah disampaikan oleh  Kapolres Paser.

Kemudian Bupati Paser akan menindak lanjuti pembangunan Pura di Desa Jone dan disepakati bahwa penetapan lokasi rencana pembangunan rumah ibadah Hindu di Lokasi yang sudah ada sekarang ini terkait permasalahan klaim lahan oleh Sdr. Arbain yang dikuasakan kepada Sdr. Sudirman terhadap lokasi pembangunan rumah ibadah hindu akan diselesaikan oleh Bag Hukum dengan mengambil langkah langkah hukum dengan memberikan somasi kepada pihak yang mengklaim tanah tersebut untuk mem PTUN kan karena yg dapat menggugurkan legalitas sertifikat adalah PTUN jika tidak merespon maka akan di anggap sebagai penyerobotan lahan yg dapat di pidanakan.

Sebelumnya pada Hari Selasa tanggal 14 Januari 2020 Bertempat di Rumah Makan Kedai Sampan Tradisional Jl. Kapten Piere Tendean Tanah Grogot Kab Paser telah dilaksanakan Silaturahmi Direktur Intelkam Polda Kaltim Kombes Pol Gatot Kurniadin, S.H., S.I.K bersama Kapolres Paser dengan Pengurus PHDI (Parisada Hindu Dharma Indonesia) Kab Paser yaitu Ketua PHDI Kab Paser sdr. I Dewa Oka dan Sekretaris PHDI Kab Paser Sdr. Nyoman terkait Adanya Surat Perihal Pemortalan rencana Pembangunan rumah Ibadah Pura bagi Umat Hindu Desa Jone Rt 07 Kec Tanah Grogot.

Adapun Penyampaian Direktur Intelkam Polda Kaltim Ucapan Terima kasih atas kehadiran Pengurus PHDI Kab Paser menjalin silahturahmi dengan Kepolisian menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Polres Paser khususnya Polda Kaltim secara Keseluruhan Agar PHDI Kab Paser meredam umat Hindu yg ada di Kab Paser dan menahan diri selama proses penyelesaian pembangunan Pura bagi umat Hindu oleh Pemkab Paser dan Apabila memang benar umat Hindu / PHDI Kab Paser tidak pernah mengeluarkan surat Aliansi Dayak Kharingan Kalimantan, maka jangan sampai terpancing Karena surat tersebut bisa menimbulkan konflik etnis Serta Agar PHDI Kab Paser mempercayakan penyelesaian permasalahan pembangunan Pura di Kab Paser oleh Pemkab Paser dan tidak perlu melalukan aksi yg dapat merugikan umat Hindu.

“Kapolres Paser berharap agar seluruh lapisan masyarakat tetap menjaga situasi kamtibmas di wilayah kabupaten paser yang selama ini berjalan aman dan kondusif serta mendorong penyelesaian masalah dengan mengedepankan musyawarah namun apabila tetap tidak dapat diselesaikan agar melalui jalur hukum sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku”.ujarnya.

(HUMAS POLRES PASER)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *