Rakor dan TGF untuk Samakan Persepsi dalam PAM Pemilu dan Pilpres

203

lacaknews.com – Menghadapi pelaksanaan Pemilu dan pilpres 2019, Polres Paser menggelarRapat Koordinasi dengan instansi terkait untuk menyatukan persepsi antara penyelenggara Pemilu, Pemkab dan aparat penegak hukum dalam mengawal setiap tahapan Pemilu dan Pilpres 2019.

Selain menggelar rakor pengamanan, Polres Paser juga menggelar simulasi atau latihan tactical floor game atau TFG, yang melibatkan instansi terkait. TFG sendiri bertujuan mengasah kemampuan dan keterampilan serta memantapkan setiap satuan yang ada di Polres Paser dalam menghadapi situasi tertentu, latihan ini menitikberatkan pada pemetaan kekuatan personel yang akan diturunkan, dalam mengantisipasi terjadinya gangguan kamtibmas yang mungkin saja terjadi secara terbuka di Kabupaten Paser.

“Latihan TFG bertujuan untuk menyamakan persepsi personel, untuk membentuk kekuatan personel, tahapan dan cara bertindak, serta sarana prasarana yang akan digunakan oleh masing-masing satuan dalam menangani potensi konflik atau gangguan kamtibmas,” ujar Kapolres Paser, AKBP Roy Satya Putra didampingi Kabag Ops Kompol Bergas Hartoko, belum lama ini (26/9).

Disebutkan Kapolres, dengan TFG, diharapkan setiap satuan dan personelnya seperti Satreskrim, Satlantas, Sabhara, Intelkam, dan Satreskoba mampu meningkatkan pemahaman terhadap situasi terkini, terkait kondisi potensi konflik di wilayah Kabupaten Paser.

“Dengan TFG akan mampu meningkatkan kemampuan perorangan dan kesatuan dalam menyusun rencana tindak guna mencegah terjadinya konflik terbuka serta untuk pemeliharaan kemampuan manajemen konflik,” ujar Kapolres. (lacaknews.com)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *