Panen TBS Sawit Tanpa Ijin, Tiga Warga Diamankan Polisi

179

Longkali – Diduga telah melakukan panen tanpa seijin empunya kebun kelapa sawit, tiga orang warga berinisial TI, Kr, dan Rn harus berurusan dengan polisi pasalnya ketiganya dilaporkan dengan dugaan tindak pidana pencurian Tandan Buah Segar (TBS) milik Setiyansyah (47) warga Desa Mendik, Kecamatan Longkali. Tindak pidana ini terjadi beberapa waktu lalu (11/2) sekira pukul 21.00 wita.

Kapolres Paser AKBP Hendra Kurniawan melalui Kapolsek Longkali AKP Danang Aries Susanto, mengatakan, dari tangan TI, Kr, dan Rn, diamankan sejumlah barang bukti seperti dua unit dodos alat untuk memanen, dan dua unit sepeda motor. Ketiganya langsung diamankan setelah adanya laporan polisi.

“TKP berada di Desa Munggu Kecamatan Longkali, kasus ini diketahui korban (pemilik kebun) saat mengecek kebun miliknya dan mendapati kalau TBS sawit dikebunnya telah di panen oleh orang lain,”ujar Kapolsek Danang, kemarin.

Disebutkannya, korban yakin kalau TBS Sawit dikebunnya dipanen orang lain, karena di TKP masih tersisa sekitar 10 janjang dan di dekat tumpukan TBS  sawit terdapat bekas jejak sepeda motor yang di perkirakan di gunakan untuk mengangkut TBS sawit miliknya oleh orang lain. Lalu korban mengikuti jejak motor tersebut hinggah akhir nya bertemu dengan salah seorang warga dan saat itu korban memberitahukan bahwa TBS sawit milik nya telah di panen oleh orang lain.

“Setelah melakukan serangkaian penyelidikan akhirnya didapat info kalau yang memanen TBS sawit miliknya adalah tiga pelaku, akhirnya para pelaku diamankan,”ujar mantan Kapolsek Muara Jawa itu.

Dijelaskan Kapolsek Danang, pihaknya sudah berupaya melakukan sosialisasi atau sambang warga di setiap kegiatan keagamaan melalui dai kamtibmas yang ada di Long Kali, untuk tidak melakukan tindak pidana, namun tetap ada saja warga yang nekat melakukan tindakan melawan hukum yang akhirnya harus berurusan dengan Polsek Longkali. # LaCak 09




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *